Bea Pendidikan Indonesia Sapa Siswa Berprestasi di Pesisir Tangerang

Aksi implementasi program Bea Pendidikan Indonesia terus meluas. Setelah di Jawa Timur, giliran siswa di pesisir Tangerang yang merasakan kehadiran BPI.

Bea Pendidikan Indonesia Sapa Siswa Berprestasi di Pesisir Tangerang

Update : 14 Jun 2021 15:16

ACTNews, TANGERANG – Distribusi program Bea Pendidikan Indonesia (BPI) terus meluas. Setelah Jawa Timur, giliran siswa-siswi berprestasi dan pra sejahtera di wilayah Desa Pagedangan Udik, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang yang mendapat bantuan. Bantuan diserahkan pada Ahad (6/6/2021) dan kembali menghadirkan semangat anak-anak pesisir Kabupaten Tangerang untuk menyambut ajaran baru.

Tim Program Global Zakat-ACT Deagita Randa Putra mengatakan, total ada delapan siswa sekolah menengah pertama yang mendapat bantuan beasiswa pendidikan. Para penerima merupakan siswa berprestasi, baik akademik maupun nonakademik dan berasal dari keluarga prasejahtera.

Ada siswa yang sangat membutuhkan seragam untuk dipakai pekan depan ke sekolah. Seragam yang ada sudah tidak muat, imbas belajar daring lebih dari satu tahun. Ada juga pelajar yang masih menunggu dan sangat mengharapkan uang dari orang tuanya yang bekerja sebagai kuli bangunan, untuk membeli buku Lembar Kerja SIswa (LKS),” ujar Randa.

Randa melanjutkan, ada salah satu penerima yang hidup serba pas-pasan. Bahkan keluarganya tidak bisa mendapat nafkah karena satu-satunya tulang punggung, sang kakak, tidak bisa bekerja lantaran ijazah ditahan pihak sekolah.

“Akhirnya sang kakak kerja serabutan seperti kuli bangunan dan jadi buruh di kapal tetangga. Karena mau cari kerja ijazahnya enggak ada, mau cari beasiswa atau kuliah apalagi,” jelas Randa.

Seorang penerima BPI yang juga yatim, Fatimatuzzahra mengatakan terimakasih atas dukungan Global Zakat-ACT terhadap pendidikan siswa-siswi yang berasal dari keluarga prasejahtera. Menurut Zahra, bea pendidikan yang diberikan sangat bermanfaat untuk meringankan beban sang ibu yang hanya berjualan sosis dan jajanan di rumah.

Alhamdulillah, terima kasih ACT atas bantuan bea pendidikannya. Bantuan ini jadi dorongan agar saya mewujudkan cita-cita dengan terus bersekolah,” kata Zahra. Sedekah Sekarang